Kebakaran Hutan Terjadi di Semua Kabupaten di Sulbar

By on Jumat, 23 Oktober 2015

MAMUJU KAREBA1-Kabut asap yang menutupi wilyah Mamuju Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat beberapa hari terakhir sehingga membuat kativitas penerbangan di Bandara Tampa Padang lumpuh, diduga berasal dari kebakaran hutan yang terjadi di semua kabupaten di wilayah Sulawesi Barat.

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh mengatakan, berdasarkan laporan, sedikitnya 50 titik api tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Barat.

“Di Poman tapi sudah hampir bisa dikendalikan, di Matra lahan gambut di sana sulit dipadamkan. Kemudian di Mateng dan Mamuju ini terutama Kalumpang dan Bonehau dan di Mamasa juga,” kata Anwar Adnan Saleh, Jumat, (23/10/2015).

Kata Anwar, yang masih terus terjadi kebakaran saat ini adalah di Kabupaten Mamasa sampai hari ini karena kondisi pegungan yang sulit dijangkau.

“Kemungkinan satu sampai dua hari ini saya akan kunjungan langsung ke sana untuk menentukan langkah-langkah apa yang akan diambil untuk mengendalikan itu,” kata Anwar.

Ia menjelaskan, daerah Mamasa yang merupakan wilayah pegunungan, kondisi pergerakan angin di daerah itu bertiup sangat kencang sehingga kebakaran hutan sangat sulit dikendalikan.

“Disisi lain air  juga berkurang untuk memadamkan api. Kalau di Mamuju Utara, api sudah dipadamkan tapi asapnya masih, karena lahan gambut,” katanya.

Anwar menegaskan, pemerintah provinsi akan segera mengambil langkah cepat, teurtama penanggulangan dampak kebkaran.

Saat ini kata gubernur, pemerintah provinsi sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan menerjunkan personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membentuk posko di masing-masing kabupaten.

“Saudara-saudara tahu bahwa BPBD Provinsi Sulbar sudah turun, kemudian di kabupaten sudah dibentuk posko dan beberapa kabupaten sudah terkendali,” kata Anwar Adnan Saleh dalam jumpa pers yang digelar di kantor gubernur, Jumat (23/10/2015).

Penulis : Gufran Padjalai