KPID Sulbar Support Lembaga Penyiaran Swasta Bermigrasi ke Siaran Digital

By on Kamis, 21 April 2022

Mamuju Kareba1 – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan kunjungan ke lembaga penyiaran baik publik maupun swasta dalam rangka berkoordinasi sekaligus silaturrahmi khususnya membahas program Analog Switch Off (ASO) 30 April 2022 mendatang.

“Hari ini adalah lanjutan kunjungan KPID Sulbar ke lembaga penyiaran, kebetulan hari ini kami agendakan ke TVRI dan Sulbar TV, dan saat ini kita ada di Sulbar TV salah satu lembaga penyiaran swasta yang wajib kami kunjungi,” terang Mu’min Ketua KPID Sulbar saat melakukan kunjungan ke kantor Sulbar TV (20/04/22).

 

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat Mu’min menyampaikan bahwa pihaknya berdiskusi langsung dengan Direktur PT Radar Sulbar Televisi Naskah M. Nabhan salah satu pimpinan lembaga penyiaran swasta yang menyatakan kesiapannya beralih ke siaran digital.

 

“Alhamdulillah, beliau menyampaikan tentang kesiapan Sulbar TV untuk beralih ke siaran digital, dan kami sangat mendukung itu, kami bersyukur bahwa lembaga penyiaran swasta di Sulbar ini ternyata sudah siap menyambut migrasi ke TV Digital,” imbuhnya.

 

Sejauh ini, sudah ada 9 lembaga penyiaran lokal yang memiliki izin siaran, pihak KPID Sulbar mengaku akan tetap melakukan evaluasi lembaga mana yang masih bersiar dan mana yang tidak.

 

Untuk lembaga penyiaran PT. Radar Sulbar Televisi sendiri, Mu’min memastikan bahwa Sulbar TV sudah memiliki Izin Penyelanggara Penyiaran (IPP) secara digital, dan ia menilai hal ini sangat luar biasa.

 

Terkait penyerahan Set Top Box (STB) yakni alat penangkap sinyal siaran kepada seluruh masyarakat, Mu’min menyampaikan bahwa ini merupakan rana pemerintah, data terpadu kesejahteraan (DTKS) Kemensos yang nantinya disalurkan melalui POS Indonesia.

 

Bagi lembaga penyiaran sendiri khususnya pemegang atau Penyelanggara Multiflexi seperti MNC Group, pihaknya menyediakan 200 Set Top Box (STB) yang siap dibagikan kepada masyarakat.

 

“Rencana Minggu depan, kami akan sama-sama turun ke masyarakat membagikan STB sekaligus mengevaluasi dan meminta testimoni dari masyarakat bagaimana manfaat yang dirasakan setelah migrasi ke siaran digital,” tutupnya. (nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − five =