Dinkes Sulbar ajak masyarakat berperilaku hidup sehat

By on Jumat, 20 Maret 2020

Advertorial

Mamuju Kareba1.com- Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat mengajak kepada masyarakat Sulbar agar senantiasa untuk selalu berperilaku hidup sehat.

“Tujuan atau manfaat dari pola hidup sehat tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tidak mudah sakit,” kata Kepala Dinkes Sulbar, Muhammad Alif Satria di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, menerapkan pola hidup sehat memiliki beberapa tujuan yakni untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani dapat selalu terjaga dan supaya memiliki kesehatan mental yang stabil sehingga tidak mudah depresi ataupun stress.

Menurut dia, Virus Corona sekarang menjadi penyakit yang sangat populer di dunia, sehingga kita mesti senantiasa waspada dengan berperilaku hidup sehat dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat untuk diri sendiri dan keluarga.

“Virus Corona adalah jenis virus dari famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. Kendati demikian, virus ini lebih banyak ditemukan pada hewan,” katanya.

Virus Corona pertama kaliteridentifikasi pada periode 1960-an diberi nama Corona oleh karena struktur tubuhnya yang tampak menyerupai mahkota.

Infeksi Coronavirus ditandai oleh gejala yang awalnya tampak seperti gejala flu pada umumnya dan yang waspadai demam hidung tersumbat batuk sakit tenggorokan.

“Tidak adanya perbedaan gejala antara infeksi Coronavirus dengan infeksi virus flu biasa (Rhinovirus) sehingga harus memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut, terutama jika gejala sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung sembuh setelah diberikan obat-obatan umum,” katanya.

Oleh sebab itu, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika merasa mengalami gejala infeksi seperti di atas, terlebih jika memiliki faktor risikonya.

Infeksi Coronavirus dapat dicegah dengan cara menghindari kontak dengan penderita infeksi dan menggunakan masker penutup hidung dan mulut saat beraktivitas di luar ruangan.

“Cuci tangan dengan sabun dan air hangat secara rutin batasi kontak antara tangan dengan mata, hidung, dan mulut, banyak minum air putih banyak makan buah, sayuran, dan suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

About Karebaku

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *