Puluhan Hektare Sawah di Mamuju di landa Kekeringan

By on Rabu, 21 Agustus 2019

Mamuju Kareba1.com – Musim kemarau berkepanjangan sejak bulan Juni membuat 30 hektare tanaman padi di Kecamatan Sampaga, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dilanda kekeringan, Rabu 21 Agustus 2019

Kekeringan melanda Puluhan hektare tanaman padi yang ada di Kecamatan Sampaga terancam gagal panen, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju, Alwinuddin di Mamuju

Ia mengatakan, Starategi dalam mengatasi kekeringan, salah satunya dengan membangun sistem pompanisasi dan beberapa cara lainnya.

“Pompanisasi merupakan siasat yang dilakukan menghadapi kekeringan agar petani tidak merugi mengembangkan tanaman padi yang dapat merugikan ekonomi daerah,” katanya.

Menurut Alwinuddin, pemerintah segera menurunkan sarana pompanisasi dengan membangun sumur dan mengambil air dari sungai di areal pertanian petani yang mampu mengairi hingga dua sampai tiga hektare sawah.

kata dia, sudah ada beberapa bantuan pompa air yang di bantu pemerintah melalui kolompok tani, namun jika kemarua berkepanjangan pompa air tidak mampu mengairi seluruh sawah karena keterbatasan pompa air, ini merupakan kendala yang dihadapi pemerintah sehingga mesti ada anggaran tambahan dari pemerintah pusat untuk program mengantisipasi bencana tahunan ini.

kata dia, tidak semua sawah tahun ini di tanami padi hanya yang mempunyai irigasi dan mampu di jangkau pompanisasi saja, tapi sebagian petani mengembangkan palawija.

iya menambahkan belum ada laporan kerugian gagal panen petani padi olehnya itu pemerintah mengantisipasi sejak dini dengan menggunakan pompanisasi

Kita berharap kemarau bukan ancaman bagi ketersediaan pangan masyarakat di Mamuju karena telah diantisipasi pemerintah ketika terjadi, kemarau telah terjadi setiap tahun namun persediaan stok pangan masyarakat tetap terjamin.#anca)

About Karebaku

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *