Bawaslu dan Polisi Kawal Surat Suara

By on Sabtu, 14 November 2020


KAREBA1.MAMUJU– Setelah melalui perjalanan laut dari Surabaya, surat suara untuk Pilkada Mamuju Tahun 2020 telah tiba di pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan. Rencananya, surat suara tersebut baru akan didistribusikan ke Kabupaten Mamuju pada Senin, 16 November 2020.


Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, seluruh proses pada pendistribusian surat suara tersebut turut diawasi baik oleh Bawaslu, maupun dari pihak kepolisian.

“Rencananya hari Senin ini baru bergerak ke Mamuju. Sekarang sudah ada di pelabuhan. Untuk proses pendistribusiannya tetap akan diawasi dan dikawal oleh teman-teman Bawaslu serta dari jajaran Polresta Mamuju,” tutur Hamdan, Sabtu, 14 November 2020.

Saat ini, Hamdan Dangkang serta Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin sedang berada di kota Makassar untuk memastikan pendistribusian surat suara Pilkada Mamuju itu berjalan sesuai rencana. Empat orang Polisi dari Polresta Mamuju pun telah berada di Makassar untuk mengawal surat suara tersebut.

“Tenaga pelipat surat suara untuk Pilkada tahun ini kami wajibkan untuk menjalani rapid test terlebih dahulu,” sambung Hamdan.
Sekadar informasi, jumlah surat suara untuk Pilkada Mamuju Tahun 2020 ini sebanyak 162.218, disesuaikan dengan total keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya telah ditetapkan. Ditambah dengan surat suara cadangan sebanyak 2,5 Persen dari jumlah DPT, serta 2 Ribu lembar surat suara yang dipersiapkan jika dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Kami turut menyaksikan surat suara itu mulai dicetak, dikemas, hingga dibawa ke pelabuhan Surabaya. Sekarang, kami tetap akan mengawasi proses pendistribusiannya, mulai dari dikeluarkan dari peti kemas, dipindahkan ke truk, hingga dibawa ke Mamuju,” sumbang Rusdin.

Sumber: Humas KPUD mamuju.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − six =