DINKES SULBAR LAKSANAKAN PELATIHAN MANAJEMEN PUSKESMAS ANGKATAN KE TIGA

By on Rabu, 9 Mei 2018

Mamuju Kareba1Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat menggelar pelatihan manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) pada 10 Puskesmas yang berasal dari 6 Kabupaten se-Provinsi Sulawesi Barat di Hotel Marannu Mamuju, 19 April – 28 April 2018.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan pelatihan tersebut bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar.Kepala Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Barat,  dr.Achmad Azis dalam arahannya di depan para peserta mengatakan bahwa pelatihan tersebut dilatarbelakangi Permenkes RI Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Pelatihan Manajemen Puskesmas bertujuan untuk memberikan arah kepada sumber daya manusia kesehatan dalam upaya kesehatan. Upaya itu baik berupa upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan agar menghasilkan kinerja Puskesmas yang efektif dan efisien.

Pelatihan itu diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada kepala Puskesmas, penanggungjawab upaya kesehatan dan staf didalam pengelolaan sumber daya dan upaya Puskesmas agar dapat terlaksana secara maksimal.

Pelatihan Manajemen Puskesmas itu juga bermanfaat bagi Dinas Kesehatan Kabupaten, dalam rangka bimbingan teknis manajemen kepada Puskesmas secara berjenjang.

“Peserta yang ikut dalam pelatihan ini berjumlah 30 orang. Terdiri dari Kepala Puskesmas, tata usaha, penanggung jawab program kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten. Narasumber Pelatihan berasal dari Widyaswara BBPK Makassar dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat

Salah satu rangkaian pelatihan manajemen Puskesmas adalah melakukan kunjungan lapangan di Puskesmas Pelitakan, Puskesmas Campalagian dan Puskesmas Wonomulyo untuk mempelajari proses manajemen mulai dari perencanaan sampai evaluasi Pelaksanaan program di Puskesmas.

Daftar Puskesmas yang mengikuti Pelatihan Manajemen Puskesmas Angkatan 3 :

  1. Kabupaten Majene : PKM Lembang
  2. Kabupaten Polewali Mandar : PKM Polewali, PKM Binuang, PKM Kebunsari danPKM Katumbangan
  3. Kabupaten Mamasa : PKM Tawalian
  4. Kabupaten Mamuju : PKM Rangas, PKM Botteng, PKM Keang, PKM Beru-Beru dan PKM Ranga-Ranga
  5. Kabupaten Pasangkayu : PKM Bambalamotu
  6. Kabupaten Mamuju Tengah : PKM Saluadak

Kegiatan Pelatihan Manajemen Puskesmas di akhiri dengan ujian Komprehensif oleh Tim Quality Control dari Badan PPSDM Kementerian Kesehatan.