DPRD Sulbar dorong pemerintah antisipasi virus Jembrana

By on Kamis, 2 Februari 2023

 

Mamuju Kareba1- DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi guna mendorong dilakukannya langkah-langkah antisipasi terhadap penyebaran virus Jembrana agar tidak semakin mewabah di daerah itu.


Rapat koordinasi itu dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Sulbar Sudirman, di Mamuju, Jumat,

Sudirman mengatakan Pemerintah Provinsi Sulbar diminta untuk secepatnya mengambil sikap atau langkah dan tindakan cepat, melakukan antisipasi penyebaran virus Jembrana.

Menurut dia, sejumlah hewan ternak masyarakat pada sejumlah daerah di Sulbar sudah terjangkit virus jembrana meskipun jumlahnya masih relatif sedikit.

“Secepatnya diminta melakukan vaksinasi ternak yang sehat agar tidak terpapar virus jembrana,” ujarnya.

Ia juga meminta agar masyarakat melaporkan kepada petugas peternakan jika terdapat ternaknya yang sakit agar dilakukan vaksinasi.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik meminta agar jajaran pemerintah Sulbar menempuh langkah-langkah antisipasi terhadap virus Jembrana yang mulai menyerang ternak sapi di daerah itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Peternakan (PTHP) dan Balai Besar Veteriner Maros telah diturunkan di lokasi kejadian./ant

Ia meminta pemilik ternak untuk melakukan isolasi atau karantina terhadap ternak yang ditemukan terjangkit virus.

“Tim pencegahan juga melakukan penyuntikan vitamin dan antibiotik pada sapi yang terjangkit virus Jembrana bekerja sama dengan Balai Besar Veteriner Maros dalam upaya peningkatan imun ternak sapi,” ujarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − fifteen =