Usia muda pasrahkan diri berpisah dengan keluarga,akibat kurangnya lapangan kerja di daerah sendiri

By on Selasa, 25 Juli 2023

Penulis
Ifrad (Pemuda desa onang Utara)

 

Akhir akhir ini angka perantau di Sulbar semakin meningkat. mulai dari usia anak muda yang baru selesai bersekolah bahkan yang sudah berkeluarga. Terpaksa merantau berpisah dengan keluarga bekerja di luar daerah Sulawesi barat. Dirakenakan himpitan ekonomi dan minim nya lapangan kerja di Sulawesi barat.
Padahal kalau kita mau melihat wilayah Sulawesi barat secara geografis punya SDA yang melimpah.baik itu di sektor agraria dan maritim Serta beberapa potensi lainnya di berbagai sektor yang bisa dimanfaatkan untuk mempekerjakan masyarakat Sulbar dan juga sebagai penunjang ekonomi masyarakat
Namun sampai saat ini sepertinya pemerintah daerah maupun provinsi Belum pernah memperhatikan hal tersebut. Justru malah sibuk melakukan kerja sama dengan perusahaan untuk beroperasi di Sulbar yang selalu saja mengalami penolakan oleh masyarakat karna dianggap merampas ruang hidup rakyat serta melanggar beberapa aturan yang ada. Lebih parahnya lagi terkadang malah akan menimbulkan konflik di kalangan masyarakat.
Yang tak kalah penting juga yaitu. Pemuda yang nantinya akan menjadi generasi kedepan. Melihat kondisi hari ini Pasca mereka menyelesaikan studi di bangku sekolah atau perkuliahan. Kebanyakan pemuda saat ini pasrahkan diri merantau keluar daerah. Meskipun hanya menjadi buruh murah terampil. Penyebabnya adalah himpitan ekonomi dan mereka tidak diberdayakan di daerah sendiri. Kalau hal ini terus terjadi mau seperti apa nantinya generasi Sulawesi barat
Sedikit menyinggung pemilu serentak pada 2024 nanti. Baiknya persoalan ini bisa menjadi pembahasan dan perhatian serius oleh mereka mereka Yang lolos ke kursi parlemen. Karna pada dasarnya segala potensi yang ada di daerah sendiri.dikelolah oleh pemerintah dan diperuntukkan kepada rakyat sebesar besarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 9 =