Sulbar Canangkan Menanam 1, 2 Juta Pohon Mangrove

By on Selasa, 12 Juli 2022

MAMUJU Kareba1

Pemerintah Provinsi Sulbar mulai mempersiapkan rencana Penanaman Mangrove sebanyak 1,2 juta pohon sepanjang pesisir Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar Hamzah mengatakan, kegiatan itu sebagai Itu bentuk kepedulian pemerintah Sulbar terhadap ekosistem lingkungan, serta bagian pelestarian ekosistem mangrove untuk merehabilitasi kembali lahan pesisir.

“Output yang ingin kita capai yaitu membangun komitmen bersama dari sisi tugas dan fungsi di masing-masing yang terlibat termasuk masukan dari pemerhati yang sangat dibutuhkan perannya,” kata Hamzah saat memimpin rapat di Rujab Sekprov Selasa 12 Juli.

Rencananya pelaksanaan tanam 1,2 juta pohon Mangrove ini dilaksanakan pada momen peringatan hari menanam pohon Indonesia pada 28 November. Sehingga melalui rapat tersebut pihaknya memetakan titik yang akan menjadi lokus penanaman pohon mangrove.

 

“Kita butuh 125 hektar lahan sepanjang pinggir pantai mulai dari Polman sampai Pasangkayu. Setelah penentuan lokasi selanjutnya menyiapkan bibit sesuai kondisi yang ingin kita tanami. Penentuan bibit juga akan pastikan sesuai kebutuhan,” terang Hamzah.

 

Lembaga pemerhati Penggiat Sahabat Penyu Yusri yang hadir secara virtual menyarankan agar pelaksanaan kegiatan itu sudah memulai penentuan jenis bibit yang akan digunakan. “Apalagi saat ini memasuki musim tumbuh mangrove,” bebernya.

Sebelumnya, Pj . Gubernur Sulbar Akmal Malik telah memerintahkan beberapa dinas terlibat dalam program tersebut, dan berharap kegiatan itu tidak membebankan pada APBD.

 

Diketahui pula, melalui dinas Pendidikan , pada acara puncak bakal melibatkan siswa SMA, SMK se- Sulbar. itu sekaligus mengajarkan kepada siswa untuk mencintai lingkungan. (rls)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + three =