Balitbangda Sulbar Menerima Kunjungan dari Resource Exchange International (REI) mengenai Loka Pere

By on Selasa, 14 Februari 2023

Mamuju Kareba1 –  Kepala Balitbangda Sulbar Ir. H. Hamzah, S MMA menerima langsung kunjungan Audiensi dari REI yang di dampingi oleh Tim dari BPPT Sulbar yang dipimpin oleh Peneliti BPTP Balitbangtan Sulbar Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Marten Pasang Sirappa. 14 Februari 2023.

 

kunjungan ini bertujuan untuk audiensi hasil penelitian dari Charles dari Tim REI mengenai Pisang Loka Pere. Loka Pere merupakan salah satu jenis pisang yang merupakan pisang endemik Majene dari banyak jenis pisang yang ada di Sulbar. Loka Pere sudah teregister di Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Nomor 502/PVL/2018. Nama varietasnya, Loka Pere sehingga Loka Pere tidak bisa lagi diklaim oleh daerah lain. Pisang ini ditemukan di Adolang, Kecamatan Pamboang, Majene. Bahkan Loka Pere pernah meraih juara I tingkat nasional yang mewakili Makassar.

 

Pada Pertemuan ini disampaikan berbagai hasil dari penelitian yang dilakukan dan menjadi bahan menarik untuk didiskusikan dalam upaya pengembangan produk loka pere di Sulawesi Barat. Diharapkan dari hasil penelitian ini diperoleh informasi kandungan nutrisi loka pere yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan produk olahannya serta peluang untuk pengembangan budidaya tanaman loka pere secara luas sehingga diharapkan mampu memberi manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 5 =