Kopasus Pasukan Elit Terbaik ke 3 di Dunia

By on Rabu, 11 Januari 2017

Kareba1.com- Pasukan Elit Terbaik di Dunia Tentu saja pasukan elit yang dimiliki setiap negara memiliki kekuatan berbeda – beda. Biasanya kekuatan elit suatu pasukan di di ukur dari operasi yang pernah dijalankan, penyaringan masuk ke organisasi tersebut, hingga reputasi/kiprahnya di dunia militer internasional.

Dan hingga saat ini, setidaknya ada 5 pasukan elit terbaik di dunia yang mempunyai nama besar dan di segani pasukan negara lain. Apa saja pasukan tersebut? Berikut daftar 5 pasukan elit terbaik di dunia saat ini.

1. England SAS

England SAS (Special Air Service) di sebut-sebut sebagai pasukan elit terbaik di dunia. Bahkan reputasi mereka sudah terbangun baik sejak perang dunia II. Pasukan ini banyak melakukan operasi-operasi berbahaya seperti penyelamatan sandera mulai dari tahun 1980an. Selain itu, seleksi masuk ke dalam anggota SAS juga sangat ketat sekali. Bisa di bilang hanya akan lolos 2-10 pasukan dari 100 pendaftar terbaik.

2. Mossad Israeli

Pasukan elit terhebat selanjutnya adalah Mossad Israeli. Dari namanya bisa kita lihat pasukan ini berasal dari negara Israel. Mossad Israeli adalah kelompok yang bertanggung jawab atas pengumpulan intelejen dan kegiatan militer.

Pasukan Mossad Israeli juga dikenal sebagai pasukan rahasia dimana setiap tugasnya harus dilaporkan secara langsung kepada Perdana Menteri. Secara garis besar, pasukan ini memiliki fungsi mirip CIA di Amerika Serikat.

3. Kopassus

Kita patut berbangga karena salah satu pasukan elit asal Indonesia berhasil menjadi pasukan yang amat ditakuti di dunia. Mereka adalah Kopassus. Kopassus sendiri adalah pasukan khusus dari Angkata Darat Indonesia yang memiliki misi operasi khusus dari pemerintah Indonesia.

Kopassus memiliki tindakan langsung seperti kontra pemberontakan, pengumpulan intelejen, anti – terorisme, dan pembebasan sandera. Kopassus juga menerapkan standar yang sangat tinggi untuk para calon personel yang ingin menjadi bagian dari mereka.

4. Russian Spetsnaz (Alpha Group)

Pertama, ada nama Russian Spetsnaz atau lebih spesifiknya adalah Alpha Group. Alpha Group adalah pasukan yang dibentuk pada tahun 1970 an dan mulai dikenal saat invasi Afghanistan. Pada saat itu, para anggota Alpha Group menyerang gedung kepresidenan dan berhasil menewaskan semua orang di dalamnya.

Sementara di negerinya sendiri, Alpha Group sering terlibat dalam operasi anti – teroris dan penyelamatan sandera seperti pengepungan sekolah Beslan pada tahun 2004 dan pengepungan teater Moskow pada tahun 2002.

Pasukan ini dikenal sebagai pasukan yang tegas, tak kenal kompromi, dan memiliki skill tempur yang luar biasa. Para anggota Russian Spetsnaz juga dibekali dengan seni bela diri khas Russia yaitu Russian Sambo.

5. French GIGN

French GIGN adalah pasukan khusus yang dimiliki oleh negara Perancis. Hampir sama seperti Kopassus, pasukan French GIGN juga memiliki tugas untuk mencegah terorisme, penyelamatan sandera, pengumpulan intelejen, dan lain – lain.

Para anggota French GIGN dilatih dengan sangat baik. Pasukan ini juga di tingkatkan kemampuannya oleh pelatihan tim SWAT dan juga SAS dari Inggris. Selain memiliki kemampuan tempur yang luar biasa, para anggota French GIGN juga dibekali dengan kemampuan intelektual yang tinggi. Mereka dilatih untuk bernegosiasi dengan para kriminal terutama saat misi pembebasan sandera.

Di atas adalah deretan pasukan elit terbaik di dunia saat ini. Sekali lagi kita wajib bangga dan mengapresiasi pasukan elit kita (kopassus) karena telah mengharumkan nama bangsa dalam kancah pasukan elit dunia.

BACA SUMBER