Kominfoperss Sulbar Tekankan Prinsip Sipakalaqbi dan Sipakainga

By on Jumat, 12 Agustus 2022

 

Mamuju-kareba1

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfoperss) Sulbar menggelar Coffee Morning, dan Gathering Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Dinas Kominfoperss Sulbar, Jumat 12 Agustus 2022.

 

Bertempat di Halaman Samping Kantor Dinas Kominfoperss Sulbar, dalam kegiatan ini dirangkaikan kegiatan Internalisasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan X Puslatbang KMP LAN Kabid E-Government Dinas Kominfoperss Sulbar, Muh. Ridwan Djafar, yakni Rencana Kebijakan Sigit dan Rara”.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfoperss Sulbar, Mustari Mula menegaskan kepada suluruh jajarannya untuk memperlihatkan kinerja, loyalitas dan kesetiaan terhadap organisasi dengan menjaga kedisiplinan serta melaksanakan kewajiban.

 

“Jangan menuntut hak jika kewajiban tidak dilaksanakan. Kalau masih ada teman-teman ketaatannya masih rendah, saya kira itu pelanggaran. Untuk itu, berlakukan buatkan sanksi sesuai SOP,”tegas Mustari Mula

 

Olehnya itu, Mustari Mula mengajak untuk membangun organisasi (Dinas Kominfoperss Sulbar) sesuai dengan jalur dan prosedur yang ada, saling mentaati, menghormati dan memahami. Itulah prinsip-prinsip sebenarnya realitas Sipakalaqbi dan Sipakainga.

 

Menanggapi adanya Proyek Perubahan PKN Kepala Bidang E-Government. Mustari Mula menyatakan selaku pimpinan organisasi sangat mendukung hal tersebut.

 

“Apapun nama proyek perubahan itu untuk kepentingan organisasi mari kita dukung,”ucapnya

 

Menurutnya, proyek perubahan terkait kebijakan “Sigit dan Rara” tersebut akan memberikan nilai baru terhadap manajemen di Dinas Kominfoperss Sulbar, terutama untuk mencapai indeks SPBE secara keseluruhan. Dan hal itu akan menjadi indeks targer provinsi.

 

“Kebetulan beberapa indeks capaian provinsi melekat di Dinas Kominfoperss. Salah satunya yang menjadi indeks target capaian provinsi itu adalah SPBE. Untuk itu SPBE harus didukung oleh semua OPD, bukan hanya Dinas Kominfoperss saja,”tandasnya

 

Disampaikan, dalam proyek perubahan itu, Kepala Bidang E-Government mencoba meramu suatu formulasi bagaimana menciptakan semacam pedoman agar proses percepatan capaian target SPBE oleh OPD bisa dilakukan.

 

Disampaikan pula, bahwa dalam RPD Sulbar 2023-2026, capaian indeks SPBE pada 2026 ditargetkan 3,00. Pada tahun 2021 capaian indeks SPBE 2,04, sehingga pada tahun 2022 capaian indeks SPBE ditarget 2,3.

 

“Adaikata terget 2,3 ini dipasang di bukit sana, maka semua OPD menuju ke sana tahun ini dengan 41 indiktor. Dari 42 OPD harus ada pedomannya apa yang menjadi penguatnya di OPD sehingga kita bersama-sama mencapai target itu tahun ini,”tuturnya

 

Dia berharap, adanya proyek perubahan dari Kepala Bidang E-Government tersebut benar-benar bisa menjadi pemicu atau daya ungkit untuk mencapai target tersebut, terutama pada OPD-OPD yang selama ini belum memahami persis apa dan bagaimana cara meramu SPBE.

Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfoperss Sulbar, Muh. Ridwan Djafar mengatakan, proyek perubahannya itu sudah mulai aktualisasi sejak bulan ini. Untuk itu, Ia menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfoperss Sulbar atas diberikannya persetujuan dan restu untuk mengikuti PKN.

 

“Terima kasih Pak Kadis atas dukungannya yang luar biasa. Saya berharap dalam proses aktualisasi dua bulan ini saya mendapat dukungan dari teman-teman sejawat, Kabid dan seluruh staf se Dinas Kominfoperss Sulbar,”kata Ridwan

 

Ridwan menjelaskan, alasan mengambil istilah “Sigit dan Rara” pada proyek perubahannya itu adalah mengingat Rara bisa meremot langit waktu di Mandalika. Dan hal itu menurutnya merupakan suatu akronim yang menarik.

 

“Di PKN itu memang kita dituntut untuk mengambil akronim yang menarik, itulah mengapa saya mengambil istilah itu. Isinya sebenarnya bagaimana kita memandu perangkat daerah untuk berdigitalisasi. Hal itu juga sudah disetujui oleh Pak Sekprov Sulbar,”terangnya

 

Ridwan menyatakan proyek perubahannya tersebut akan menjadi program untuk mensupport Tupoksi di Dinas Kominfoperss Sulbar. (mhy)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =