Kadis Kominfoperss : Duta Cyber dan Literasi Bawa Hal Positif Ke Masyarakat

By on Jumat, 12 Agustus 2022

Mamuju Kareba1

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulbar (Kominfoperss) Sulbar Mustari Mula, menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada Launching Duta Siber & Literasi Digital Sulbar, di Aula Pertemuan Universitas Tomakaka (Unika) Mamuju, Rabu 10 Agustus 2022.

 

Dengan mengusung tema “Menuju Sulawesi Barat Makin Bijak dan Cakap Digital, kegiatan itu diselenggarakan oleh Badko HMI Sulselbar bekerja sama Kemenkominfo RI.

 

Adapun materi yang disampaikan Kepala Dinas Kominfoperss Sulbar pada kegiatan itu yakni seputar hoax, kejahatan digital dan keamanan data.

 

Kepala Dinas Kominfoperss Sulbar, Mustari Mula menilai kegiatan tersebut membawa hal positif bagi masyarakat Mamuju, Sulbar, yang mana terdapat empat (4) Pilar Cakap Digital dalam pembahasannya yaitu, etis bermedia digital, aman bermedia digital, cakap bermedia digital, dan budaya bermedia digital.

 

“Dari empat pilar literasi digital nasional itu diharapkan akan menjadikan Indonesia makin cakap digital pada 2024,”ucap Mustari Mula

 

Dia mengatakan, yang menjadi harapan dari Launching Duta Cyber dan Literasi itu adalah terbentuknya Duta Cyber, sehingga para Duta ini melakukan literasi kepada masyarakat bagaimana berdigitalisasi dan berinternet yang sehat.

 

“Ini sangat mendukung program kita sendiri di Sulbar,”pungkas Mustari Mula

 

Menurutnya, hal itu sejalan dengan program Sekolah Internet Kelompok Informasi Masyarakat (Senter KIM) yang merupakan penyegaran dalam rangka Duta Cyber dan Literasi. Hanya saja di Kominfo selain dari kecakapan dalam menggunakan, para peserta juga dituntut masuk pada penguatan infrastrukturnya.

 

“Misalnya bagaimana merakit jaringan internet desa melalui fiber optik, bagaimana mengelola Bandwidth atau mengelola warung internet yang ada di desa-desa dan bagaimana mengelola manajemen wi-fi tepatnya lebih fokus pada peningkatan SDM,”terangnya

 

Ketua Badko HMI Sulselbar Andi Ikram Rifqi mengatakan, Launching Duta Cyber dan Literasi Digital Tingkat Sulbar bertujuan menciptakan individu -individu yang memiliki pola pikir dan pandangan kritis serta kreatif di media digital.

 

“Program ini diharapkan mampu melahirkan komunitas yang dapat membangun SDM berbasis keterampilan digital yang ikut serta dalam mengkampanyekan literasi digital, dan juga mampu menjadi sumber informasi dan mengedukasi masyarakat sampai lini terkecil,’kata Andi Ikram

 

Adapun sasaran daripada program tersebut ialah para pelajar dan mahasiswa yang merupakan populasi terbesar pengguna internet Indonesia.

 

Selain Kepala Dinas Kominfoperss Sulbar, pada kegiatan itu juga menghadirkan dua narasumber lainnya yakni dari Polda Sulbar, Kasubdit Siber Kompol Henky Kristanto Abadi dengan materi tentang keamanan cyber, dan Rektor Unika Mamuju Syahril dengan materi kesiapan SDM menghadapi transformasi digital. ( Farid)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − eleven =