Dinkes Sulbar sukseskan gerakan Nasional Aksi Bergizi 2022

By on Kamis, 27 Oktober 2022

 

 

Kareba1 com 

Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mensukseskan program Nasional Aksi Bergizi 2022 yang dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Sulbar.

 

Kepala bidang kesehatan masyarakat Dinkes Sulbar, dr Indahwati Nursyamsi, M.Kes, di Majene, Rabu, mengatakan, gerakan Nasional Aksi Bergizi 2022 merupakan program kesehatan nasional yang digelar serentak oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) diseluruh wilayah lainnya di Indonesia termasuk di wilayah Sulbar.

 

Menurut dia, seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Provinsi Sulbar, mempersiapkan, dan menjadi pelaksana sekaligus memantau pelaksanaan aksi tersebut agar dapat berlangsung sukses di seluruh wilayah Kabupaten di Sulbar 

Ia menyampaikan, kegiatan aksi bergizi di Sulbar ini dilaksanakan pada sejumlah sekolah yang tersebar diseluruh wilayah Sulbar dengan melaksanakan sejumlah yang agenda penting bagi peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarkat.

 

“Dari kegiatan aksi bergizi itu dilaksanakan sejumlah kegiatan yakni edukasi atau pendidikan kesehatan, senam sehat, sarapan sehat dan minum Tablet Tambah Darah (TTD). 

 

Ia juga menyampaikan sebagai rangkaian kegiatan aksi bergizi 2022, Promkes Dinkes Sulbar juga menggelar lomba foto dan video bagi siswa, guru, serta melibatkan petugas Dinkes Kabupaten dan Puskesmas disejumlah daerah di Sulbar dengan mempersiapkan sejumlah hadiah dengan nilai total Rp11 Juta.

Ia menyebutkan, sebanyak 36 sekolah hadir dan berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Aksi Bergizi 2022 yaitu 11 sekolah dari Kabupaten Majene, 4 sekolah dari Mamuju, Pasangkayu 15 sekolah, Mamasa 2 sekolah, 2 sekolah di Mamuju Tengah, dan 2 sekolah dari Kabupaten Polewali Mandar.

 

“Dalam kegiatan Aksi Bergizi 2022 yang digelar tersebut turut didukung Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Pengda Sulbar, pengcab Mamuju, Majene, dan Pasangkayu sehingga Gerakan Nasional Aksi Bergizi berlansung sukses,” katanya.

 

Ia berharap, dengan kegiatan aksi bergizi yang digelar itu dapat meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya kesehatan, kemudian dapat meningkatkan komitmen sekolah dalam melaksanakan aksi bergizi secara kontinyu.

 

Selain itu lanjutnya, dapat membangun komitmen kolaborasi lintas sektor dalam penyelenggaraan aksi bergizi di lingkungan sekolah.

 

Kepala bidang kesehatan masyarakat dr. Indahwati Nursyamsi, M.Kes juga berharap Gerakan Aksi Bergizi ini, dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di setiap sekolah, untuk menjadi program kesehatan dalam upaya pencegahan stunting yang menjadi program kesehatan pemerintah di Provinsi Sulbar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 20 =