Dinkes Sulbar Berikan Vitamin A bagi Balita pada Agustus dan Februari 

By on Senin, 30 Agustus 2021

Mamuju Kareba1-

Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, di posyandu atau di fasilitas kesehatan di bagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang dan dapa tterjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan s/d 4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di Negara berkembang.

 

Manfaat Vitamin A Vitamin A yang disebut juga Retinol sangat banya kfungsinya, yaitu: membantu mata menyesuaikan diri terhadap perubahan cahaya dari terang kegelap, mencegah kekeringan selaput lender mata yang disebut xerosiskonjungtiva, mencegah terjadinya kerusakan mata berlanjut yang akan menjadi bercak bito tsampai kebutaan, menjaga kesehatan kulit dan selaput lender saluran pernafasan, saluran kemih dan saluran pencernaan terhadap masukny abakteri dan virus, membantu pertumbuhan tulang dan system reproduksi, membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, pembelahan sel, diferensiasi sel, meningkatkan system kekebalan tubuh dan bersifat antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas penyebab kerusakan sel dan jaringan.

Pemerintah dalam menyikapi masalah tentang kekurangan vitamin A melalui sup lementasi Vitamin A dosis tinggi kepada anak balita.Suplementasi Vitamin A adalah program intervensi pemberian Kapsul Vitamin A bagi anak usia 6-59 bulan dan ibu nifas yang bertujuan selain untuk mencegah kebutaan juga untuk menanggulangi kekurangan Vitamin A (KVA) yang masih cukup tinggi pada balita.

 

Sasaran program ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan.

Vitamin A juga diberikan bagi ibu nifas ( menyusui bayi hingga usia 42 hari). Hal ini dilakukan karena berdasarkan kajian berbagai studi di temukan bahwa Vitamin A merupakan zat gizi yang sangat diperlukan bagi manusia, karena zat gizi ini sangat penting agar proses-proses fisiologis dalam tubuh berlangsung secara normal, termasuk pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi penglihatan, meningkatkan imunologis dan pertumbuhan badan. Pemberian vitamin A dosis tinggi selain diberikan pada anak balita, ibu nifas tapi diberikan juga pada kasus dengan keadaan tertentu seperti anak menderit axeroptalmia, campak dan gizi buruk.

Mengkonsumsi vitamin A bagi balita sangat banyak manfaatnya, seperti :

Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.

Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ketempat yang gelap

Mencegah kelainan pada sel –sel epitel termasuk selaput lender mata

Mencegah terjadinya proses metaplasi sel –sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata.

Mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan. Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan

Vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar tubuh.Sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, serta beberapa makanan nabati yang mengandung beta-karoten (pro-vitamin A, yang oleh tubuh di ubah menjadi Vitamin A, yaitu yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna-warni seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat, dan kacang polong. Sedangkan sumber Vitamin A hasil rekayasa adalah beberapa produk makanan yang diperkaya (fortifikasi) dengan Vitamin A antara lain dalam minyak goreng, margarin, susu dan beberapa jenis mie instan. Ada lagi sumber Vitamin A yang sangat potensial karena gratis, mudah didapat dan dosisnya mencukupi yaitu Kapsul Vitamin A.

Teknis pelaksanaan pemberian vitamin A  dosis tinggi diberikan kepada seluruh anak balita umur 6-59 bulan secara serentak, dimana untuk :

Bayi (6-11 bulan) pada bulan Februari atau bulan Agustus

Anak balita (12-59 bulan) pada bulan Februari dan Agustus

Tenaga pelaksana pemberian vitamin A adalah tenaga kesehatan seperti : dokter, perawat, bidan, tenaga gizi, atau kader kesehatan yang telah dilatih

Cara pemberian vitamin A Cara pemberian kapsul pada bayi dan anak balita :

Berikan kapsul biru (100.000 SI) untuk bayi dan kapsul merah (200.000 SI) untuk balita Potong ujung kapsul dengan menggunakan gunting yang bersih

Pencet kapsul dan pastikan anak menelan semua isi kapsul dan tidak membuang sedikitpun isi kapsul

Untuk anak yang sudah bias menelan dapat diberikan langsung 1 kapsul untuk diminum

Cara pemberian kapsul Vit A dosis tinggi pada ibu nifas

Diberikansegerasetelahmelahirkandengancarameminumlangsung 1 (satu) kapsul

Kemudian minum 1(satu) kapsul lagi 24 jam setelah pemberian kapsul pertama

 

Tempat pemberian vitamin A. Vitamin A diberikan secara gratis di sarana fasilitas pelayanan kesehatan, seperti : Puskesmas, Pustu, polindes, praktek dokter/bidan swasta, posyandu, sekolah, TK, dan PAUD. Nah, Bulan Agustus sudah berjalan, saatnya membawa balita ke posyandu untuk mendapatkan vitamin A. Dan bagi ibu yang mungkin tidak sempat dating ke posyandu karena ada keperluan mendesak, datanglah ke bidan desa atau ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan kapsul Vitamin A secara gratis. Dengan protocol kesehatan menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

 

Capaian cakupan Vitamin A untuk Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu tahun 2019 ,(88 %) yang seharusnya (100%) sesuai target Nasional, semua Balita 6 bln – 59 bulan wajib mendapatkan kapsul Vitamin A, cakupan Vitamin A tidak capai ada beberapa factor yang mempengaruhi yaitu : orang tua pada saa tbulan Vitamin A tidak membawa balitanya ke Fasilitas kesehatan dan pada saat petugas kesehatan melakukan sweeping balita tidak berada dirumah. Cakupan Vitamin A bulan Februari 2020 (93,7%) yang seharusnya (100 % ) sesuai Target Nasional, akan tetapi Tenaga Kesehatan khususnya pengelola Program gizi sudah berupaya agar semua balita di kota kotamobagu mendaptkan kapsulvitan A sesuai dengan Program Pemerintah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + eleven =